Home » SIGNIFIKANSI PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO PADA SEKTOR PUBLIK

SIGNIFIKANSI PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO PADA SEKTOR PUBLIK

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan Nawacita didapatkan bahwa pemahaman risiko di sektor publik relatif masih minim dan rancu. Manajemen risiko di sektor publik masih harus diinstitusionalkan, sehingga manajemen risiko ini dapat menjadi sebuah panduan dalam penerapannya di lapangan dalam rangka pemulihan perekonomian pasca pandemi. Pemahaman manajemen risiko harus menjadi prioritas karena sesungguhnya yang terjadi adalah pertumbuhan dan penanganan atas permasalahan yang tidak dibarengi dengan manajemen risiko yang tepat mengakibatkan kebijakan pemerintah dapat terpengaruh dengan situasi yang ada.

MRI dalam tataran penelitian meliputi kajian atas kapabilitas kepemimpinan, kebijakan, kemitraan, proses manajemen risiko dan SDM serta hasil aktivitas penanganan risiko serta outcome yang dihasilkan. Banyak pula penelitian yang telah dilakukan di luar sana yang telah menunjukkan peranan manajemen risiko dalam kaitannya dengan pelayanan publik. Dalam konteks COVID 19, bagaimana pentingnya manajemen risiko dalam sektor publik bagi pemerintah melakukan pemulihan ekonomi. Pemerintah telah mendorong kementerian dan lembaga untuk menerapkan manajemen risiko pada sektor layanan publik. Fakta dampak COVID19 terhadap perekonomian nasional meningkatkan rasa urgensi untuk melakukan pengkajian dan mempercepat kebutuhan untuk memiliki maturitas manajemen risiko yang lebih tinggi dengan pijakan ketahanan dan keberlanjutan yang lebih kokoh (Alijoyo & Norimarna, 2021). Namun sinergitas masih belum tercapai sebagai gambaran dari penerapan manajemen risiko yang masih kurang, mengakibatkan terganggunya upaya pemulihan ekonomi secara optimal. Hal ini dapat terjadi karena pemahaman terhadap manajemen risiko oleh pihak-pihak terkait masih kurang. Ditambah dengan pelaporan sistematis dalam manajemen risiko yang belum optimal.  SDM menjadi kunci dalam mengatasi minimnya pemahaman terhadap manajemen risiko. Intervensi politik juga menjadi salah satu kendala terhadap berjalannya manajemen risiko dalam pelayanan publik.

Daftar Pustaka

Alijoyo, A., & Fisabilillah, A. F. (2021). Risk Management Implementation in Public Sector Organizations: A Case Study of Indonesia. Organizational Cultures: An International Journal, 22(1), 1-23.

Alijoyo, F. A., & Fisabilillah, A. F. (2021). Risk Management Implementation in Public Sector Organizations-Global Phenomena. International Journal of Current Science Research and Review, 04(03), 195-202.

Alijoyo, F. A., & Norimarna, S. (2021). Risk Management Maturity Assessment Based On ISO 31000- A Pathway Toward The Organization’s Resilience And Sustainability Post Covid-19: The Case Study Of SOE Company In Indonesia. 3rd International Conference on Management, Economics & Finance (pp. 125-142). Amsterdam: icmef.

Alijoyo, F. A., Norimarna, S., Kaho, V. R., & Sirait, K. B. (2021). Enterprise risk management as a pathway in enhancing the organization’s performance and efficacy: A case study of an Indonesian public service organization. International Conference on Research in Business, Management and Economics. Budapest.